UBAHLAH KEMAKSIATAN DENGAN KETAATAN

UBAHLAH KEMAKSIATAN DENGAN KETAATAN post thumbnail image

Ibnul Qoyyim rahimahullah berkata:

Allah ta’ala telah mengabarkan bahwa Dia tidak akan mengubah nikmat-Nya yang telah diberikan kepada seseorang hingga orang inilah yang mengubahnya sendiri.

Ia mengubah ketaatan kepada Allah dengan bermaksiat kepada-Nya, rasa syukur kepada-Nya dengan mengkufuri-Nya, dan perkara yang menyebabkan keridhoan-Nya dengan perkara yang menyebabkan kemurkaan-Nya.

Maka apabila dia mengubahnya niscaya Allah mengubahnya, sebagai balasan yang sesuai, dan tidaklah Rabbmu berbuat zhalim terhadap para hamba-Nya.

Namun apabila dia mengubah kemaksiatan dengan ketaatan niscaya Allah mengubah hukuman dengan keselamatan, dan kerendahan dengan kemuliaan.

Allah ta’ala berfirman:

{Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum hingga mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap suatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya dan tidak ada pelindung bagi mereka selain Dia.}

[Ar Ra’d: 11]

Al Jawabul Kafi: 11

قال ابن القيم رحمه الله:

أخبر الله تعالى أنه لا يغير نعمه التي أنعم بها على أحد حتى يكون هو الذي يغير ما بنفسه، فيغير طاعة الله بمعصيته، وشكره بكفره، وأسباب رضاه بأسباب سخطه، فإذا غير غير عليه، جزاء وفاقا، وما ربك بظلام للعبيد.
فإن غير المعصية بالطاعة، غير الله عليه العقوبة بالعافية، والذل بالعز.
وقال تعالى: {إن الله لا يغير ما بقوم حتى يغيروا ما بأنفسهم وإذا أراد الله بقوم سوءا فلا مرد له وما لهم من دونه من وال}
[سورة الرعد: ١١] .
الجواب الكافي: ٧٤


Sumber: Channel Telegram Salafy Cirebon

Postingan Terkait

Sebarkanlah SalamSebarkanlah Salam

Abdullah bin ‘Amr ibnil ‘Ash radhiyallahu ‘anhuma, salah seorang shahabat Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam memberitakan, “Ada seorang lelaki bertanya kepada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, ‘Perangai Islam yang manakah