BERSABARLAH DAN TERUS BERSABAR

BERSABARLAH DAN TERUS BERSABAR post thumbnail image

Hidup di dunia ini, pastikan tak lepas dari ujian dan cobaan, keduanya pastikan setia menemani orang-orang yang beriman, merekapun berusaha dan terus berusaha meniti dan menempuh jalan yang sudah digariskan oleh AR ROHMAN..

Kali ini kami ingin menjelaskan secara ringkas tentang kesabaran didalam menghadapi ujian dan cobaan, dan membaginya menjadi beberapa poin,

Makna sabar

Sabar secara bahasa adalah; menahan.

Adapun secara syariat; sabar itu terbagi menjadi tiga;
– 1 – Sabar didalam menjaga keta’atan kepada Alloh ta’ala, sebab menjaga keta’atan kepada Alloh ta’ala sangatlah berat & sangatlah sulit, baik pada jiwa maupun raga sehingga sangat dibutuhkan kesabaran dan pertolongan darinya.

– 2 – Sabar dari perkara-perkara yang Alloh haramkan. Karena jiwa ini selalu mengajak kepada keburukan, sehingga ia pun bersabar menahan dirinya dari perkara2 yang Alloh haramkan, berupa; DUSTA, MENIPU, BERZINA, MENCURI DLL.

– 3 – Bersabar atas taqdir-taqdir Alloh ta’ala, karena terkadang seseorang ditimpa dengan suatu ujian, adakalanya diuji dengan hilang hartanya, diuji dengan sakit anggota badannya, atau ujian-ujian lain yang itu sudah menjadi ketetapan Alloh ta’ala. Sehingga ia pun bersabar dari itu semua. Wallohul musta’an.

Setelah kita mengetahui ma’na sabar baik secara bahasa maupun syari’at, maka perlu untuk kita ketahui pada poin yang berikutnya. Keadaan Hamba dikala ujian menghampirinya;
Dalam hal ini Al imam Ibnul ‘utsaimin menjelaskan keadaan manusia dikala musibah menimpanya ada empat keadaan ( Syarh Riyadlus sholihin dalam Bab sabar ) .Murka dan tidak rela ketika musibah menimpanya, adakalanya dengan hatinya, lisan dan anggota badannya.

Bersabar, atas musibah yang menimpanya sehingga ia pun menahan lisannya untuk tidak berkeluh kesah atau berbuat apa yang bisa menyebabkan Alloh ta’la murka.


Ridlo terhadap musibah yang menimpanya, ia pun tegar, teguh dan lapang dada menerima apa yang Alloh uji berupa ujian seakan-akan tidak menimpanya sesuatu apapun.. SUBHANALLOH..!!..

Bersyukur, ia bersyukur kepada Alloh ta’ala karena Alloh akan melipat gandakan pahala dan ganjaran dari sisinya lebih banyak dari pada ujian yang menimpanya.. ALLOHU AKBAR..!!.


Perhatikanlah pembaca..!! Digolongan manakah kita..!?..
Sudahkah kita bersabar dari musibah dan ujian yang menghampiri kita..!?.. Atau malah kita termasuk golongan yang pertama..!?..berkeluh kesah, tidak terima dengan taqdir yang Alloh sudah gariskan untuknya, atau malah mencelanya..!?.. Ma’adzalloh li an nakuuna dzaalik..!!


– Pertanyaan seperti ini diri-diri kita masing2 lah yang akan menjawabnya.. digolongan mana kita berada..??..

Keutamaan Bersabar.

Mendapatkan pahala dan ganjaran yang berlipat-lipat. Alloh ta’ala berfirman;

إِنَّمَا يُوَفَّى الصَّابِرُونَ أَجْرَهُم بِغَيْرِ حِسَابٍ

” Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas”.(qs az zumar ayat 10).

Kesabaran adalah cahaya baginya. Nabi shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda. Artinya; ” Kesabaran adalah cahaya ” (Hr Muslim dari sahabat Abu malik Al harits bin ‘ashim Al asy’ary semoga Alloh meridloinya).

Namun cahaya ini disertai rasa yang panas, sebagaimana kesabaran juga disertai kelelahan, usaha dan padanya terdapat kesulitan yang sangat, oleh karenanya pahalanya pun tidak terbatas. Diantara anugerah Alloh yang terbaik. Nabi shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda. Artinya;

” Tidaklah seorang hamba diberikan dengan suatu pemberian yang lebih baik dan luas dari pada sabar ” ( Hr mutafaqun ‘alaih dari sahabat abu sa’id al khudry semoga Alloh meridloinya ).

Diantara sebab masuknya seorang kedalam surga. Nabi shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda. Artinya;

“jika engkau bersabar maka bagimu adalah surga” ( Hr mutafaqun ‘alaih dari sahabat Ibnu ‘abas )

tatkala ada seorang wanita yang mengadu kepada Nabi shollallohu ‘alaihi wa sallam bahwa dirinya terkena penyakit ayan ( kejang-kejang )pent. Maka ia pun meminta agar Nabi shollallohu ‘alahi wa sallam mendo’akannya.. Dan masih banyak keutamaan-keutamaan yang lain jikala seorang itu bersabar dengan mengharap pahala dan ganjaran dari Alloh ta’ala.


jika demikian.. BERSABARLAH..!! YAH TERUSLAH BERSABAR… Sampai kita nanti berjumpa dengan Alloh ta’ala, Sampai kita raih janji-janji Alloh ta’ala kepada orang2 yang bersabar berupa surga. Hingga kita pun menjadi penguni surga NYA.. aamiin..

Mudah-mudahan apa yang sedikit ini bisa menjadi renungan dan motivasi kepada kita untuk bersabar, teguh dan tegar dikala ujian dan cobaan menghampiri kita.. Wallohu a’lamu bis showab.

Oleh : Abul yaman ‘afallohu ‘anhu.

.. Daar-el-hadeeth-fuyusy-YEMEN..

TIS (Thalab ‘ilmu Syar’i).

Sumber: https://salafy.or.id/bersabarlah-teruslah-bersabar/

Postingan Terkait